Connect with us

Manfaat Makanan Berwarna Merah,Kuning dan Orange

Pola Hidup

Manfaat Makanan Berwarna Merah,Kuning dan Orange

o8rdkx022Berbagai macam makanan memiliki warnanya tersendiri, namun tahukah Anda bahwa dari warna-warna tersebut memiliki khasiatnya masing-masing?

Merah, kuning, dan orange adalah warna yang dikenal bisa menaikkan nafsu makan, secara tidak sadar meningkatkan peluang kita menjadi pemilih dalam hal makanan, dan hal ini masuk akal, lagi pula ketiga warna ini biasa ditemukan pada makanan lezat seperti pizza, burger, hot dog, dan sebagainya.

Orange, selain menambah nafsu makan, juga menggembirakan dan mendorong optimisme. Ini adalah warna yang bagus untuk kesejahteraan emosional. Berikut adalah contoh makanan berwarna orange dengan khasiatnya tersendiri:

  • Wortel

Wortel yang biasa disajikan sebagai sayuran ini memiliki kandungan vitamin A dan C dan tinggi, juga kaya akan serat, antioksidan, sodium dan mineral. Serat pada wortel dapat melancarkan pencernaan, vitamin A pada wortel dapat mempertajam pengelihatan mata, juga memelihara kesehatan kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi pada wortel dapat menurunkan resiko kanker.

  • Jeruk

Kandungan vitamin C dalam jeruk mencapai 53,2 mg per 100 g atau mencukupi 90% kebutuhan harian. Jeruk mengandung serat pangan pektin yang mampu mengikat kolesterol dengan asam empedu di dalam usus besar. Akibatnya, penyerapan tulang kolesterol bisa ditekan dan kadar kolesterol di dalam darah pun berkurang, alhasil mencegah penyakit jantung dan stroke, tidak hanya itu jeruk juga dapat mengontrol kadar gula dalam darah dengan serat pangan, menurunkan resiko kanker usus besar dengan pektin dan sebagainya.

  • Labu

Labu adalah jenis sayuran yang megandung anti-oksidan alami yang memiliki UV (ultra violet) sinar penyaringan tindakan dalam lutea makula di retina mata. Dengan demikian, hal ini membantu melindungi dari penyakit makula terkait usia (ARMD) pada orang tua. Kandungan magnesium yang terdapat pada labu membuat Anda lebih tenang karena mampu membuat rileks saraf, selain itu biji labu mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan terutama anemia yang sering terjadi pada wanita.

  • Melon

Buah melon (curcumis melo) masih bersaudaran dengan labu, blewah dan buah semangka. Melon termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae. Zat kolagen pada buah Melon selain mencegah penuaan juga berguna mempercepat penyembuhan luka. Selain itu 90 persen kandungan buah melon adalah air yang bisa memberikan efek menyegarkan dan mencegah panas dalam sangat cocok bagi Anda yang sedang dalam masa diet. Buah melon juga memiliki kemampuan untuk menangkal serangan kanker karena kandungan karotenoid. Karotenoid merupakan pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran

 

Kuning adalah warna paling ringan dalam spektrum. Ini juga menggembirakan, mempromosikan “harapan, kebahagiaan, keceriaan, dan kesenangan”. Ini juga dianggap sebagai promotor pengetahuan dan kecerdasan. Berikut adalah makanan berwarna kuning yang dapat menstimulasi nafsu makan Anda serta menyehatkan :

  • Lemon

Pada buah lemon terdapat cukup banyak kandungan vitamin C, yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan bakteri, parasit, jamur, dan virus. Buah Lemon juga berkhssiat untuk menyembuhkan penyakit cacingan, bahkan hebatnya bermanfaat untuk membantu melawan penyakit kanker, hal itu karena pada buah lemon terdapat sekitar 22 nutrisi anti-kanker di dalamnya. Dengan kendungan vitamin C yang tinggi dan kandungan bioflavonoid di dalamnya, bermanfaat agar tubuh terhindar dari flu atau pilek. Lemon dicampur madu dan air hangat membantu untuk menyerap lebih banyak zat besi, yang khasiatnya agar fungsi kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Pada lemon hangat juga terdapat kandungan saponin yang memiliki sifat antimikroba.

  • Kunyit

Kunyit sangat tinggi akan zat antioksidan serta sifat sehat serta memiliki sifat anti karsinogenik, anti mutagenik, serta anti inflamasi. Bumbu masak dapur ini akan membantu dalam mempercepat penyembuhan luka serta mencegah infeksi bakteri pada luka. Kunyit mengandung kurkumin dimana zat ini merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan mutasi sel yang disebabkan oleh radikal bebas sehingga dapat mencegah kanker. Kunyit memiliki kandungan zat anti-inflamasi dan antioksidan, sehingga dengan mengkonsumsi kunyit maka akan mendapatkan manfaat kunyit yatiu mencegah penyakit Alzheimer.

  • Jagung

Serat kasar pada jagung memberi rasa kenyang yang lebih lama sehingga cocok untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Serat kasar ini juga dapat mencegah sembelit yang kerap terjadi pada orang gemuk. Jagung kaya kalium yang bersifat diuretik (melancarkan air seni) sehingga dapat mengatasi iritasi saluran kemih, menurunkan kadar asam urat, dan mencegah batu ginjal. Penelitian yang dilakukan di 47 negara yang penduduknya rajin mengonsumsi pati jagung, gigi mereka ternyata jarang berlubang.

  • Mangga

Mengkonsumsi buah mangga dapat menjaga jumlah alkali dalam tubuh tetap stabil karena mengandung asam malat, nitrat, dan tartrat. Nilai indek glikemik dalam buah mangga relatif rendah dan masih aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Buah mangga yang telah dibuat jus dapat berperan sebagai obat panas dalam.

  • Pisang

Pisang berfungsi sebagai sumber energi yang sangat baik karena mengandung fruktosa, glukosa dan sukrosa. Pisang mengandung vitamin B6, vitamin C, serta mineral seperti tembaga, magnesium, dan mangan. Pisang juga mengandung serat larut makanan serat pektin yang membantu meningkatkan pergerakan usus sehingga mampu mengurangi sembelit.

Merah adalah warna hangat dan positif yang dikaitkan dengan “kebutuhan fisik” dan “keinginan kita untuk bertahan hidup”, yang menandakan ambisi dan kepemimpinan. Ini mempromosikan kewaspadaan dan ketajaman. Berikut adalah manfaat makanan berwarna merah :

  • Semangka

Jus semangka yang bermanfaat bagi tubuh karena membantu untuk memberikan energi yang pada gilirannya akan mempromosikan energi dan oksigen dalam membantu sirkulasi darah agar lebih baik. Berbagai vitamin dan kandungan air yang terkandung di dalam buah semangka bermanfaat untuk mencegah terjadinya sariawan. Buah semangka mengandung likopen yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung di dalam tubuh dan memperlancar aliran urin sehingga menjaga kesehatan organ ginjal.

  • Daging sapi

Daging sapi yang berwarna merah mengandung banyak zat besi, yang artinya sangat bagus untuk meningkatkan kualitas dan kepadatan darah. Daging sapi juga mengandung proetin yang bisa membantu perkembangan otak pada anak. Selain itu protein juga bisa membantu tubuh Anda untuk membentuk jaringan baru pada otot-otot Anda. Kandungan gizi lainnnya pada daging sapi adalah selenium yang berguna untuk membentuk zat antioksidan dan meningkatkan imunitas anak. Omega 3 yang terkandung dalam daging sapi juga membantu fungsi jantung, sistem saraf pusat dan hati.

  • Paprika merah

Paprika merah tidak hanya membuat tekanan darah Anda rendah tapi juga mampu menurunkan berat badan serta sirkulasi darah akan lancar. Konsumsi ini dengan salad dan sepotong daging untuk hasil yang lezat.

  • Stroberi

Antosianin dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, yang mana dapat berperan sebagai agen antioksidan dalam tubuh. Mangan yang terkandung pada buah ini sangat baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, mineral potasium, magnesium, dan vitamin K pada buah stroberi juga baik dalam menyehatkan tulang.

  • Tomat

Vitamin B6 dan folat, hadir dalam tomat yang mana keduanya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengkonversi bahan kimia yang berpotensi berbahaya yaitu homocysteine. Ketika bahan kimia ini hadir dalam tubuh dapat membawa timbulnya stroke dan serangan jantung. Selain itu tomat dapat mengatasi kulit berminyak. Pada kulit yang berminyak, beberapa masalah kulit sering muncul. Jerawat dapat dicegah dengan penggunaan masker tomat setiap seminggu dua kali. Kombinasi masker tomat dan alpukat juga membantu mengatasi komedo karena keduanya bersinergi dengan zat alami anti kuman dan mencegah iritasi pada kulit.

  • Apel

Apel bukan hanya sumber yang kaya serat, namun juga baik untuk darah karena mempromosikan sel darah merah dalam jumlah kecil. Kandungan anti oksidan yang melimpah dalam apel bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Salah satu penelitian di Hawaii bahkan menunjukkan bahwa konsumsi apel secara teratur dapat menurunkan risiko kanker paru hingga 40 sampai 50 persen.

  • Ceri

Semangkuk ceri harus dikonsumsi setidaknya sekali dalam seminggu jika Anda ingin meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Lagipula, ceri juga baik untuk dimakan para pengidap diabetes. Ekstrak ceri dapat menghalangi kerja enzim COX-1 dan COX-2 yang terlibat dalam proses peradangan dan sensasi rasa sakit. Ceri mengandung melatonin yang membantu mengatur siklus tidur-bangun dalam otak manusia, membuat tidur lebih nyenyak.

  • Delima

Delima memiliki sifat tertentu yang membantu untuk mengentalkan darah jika darah Anda terlalu cair dan tidak mampu menggumpal. Serat pangan yang cukup tinggi dalam delima dapat membantu melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan.

Sumber : www.webkesehatan.com

a444d37a06d1040d95dd1d1abdb45143_medicaboo-card

Medicaboo : Aplikasi kesehatan di Google Play untuk Android

Yuk, Download Aplikasi Medicaboo!

Untuk mengetahui informasi rumah sakit, layanan kesehatan, dan dokter di Pekanbaru dengan mudah dan cepat! Akses website direktori rumah sakit di http://www.medicaboo.com atau tinggal klik di sini. Download aplikasi kesehatan Medicaboo android di Google Playstore.

Tags : #Faktaunikmedicaboo #Faktakesehatan #Medicaboo #Kesehatan #Healthfacts #MakananPedas

Facebook Comments
Share & Follow

More in Pola Hidup

  • Disfagia Disfagia

    Keluarga Sehat

    Disfagia

    By

    Informasi ini dirangkum dari Alodokter dan Hellosehat mengenai Disfagia. Defenisi: Disfagia atau susah menelan adalah kondisi saat...

  • shoulderdislocation shoulderdislocation

    Keluarga Sehat

    Dislokasi Sendi

    By

    Informasi ini dirangkum dari Alodokter dan Hellosehat mengenai Dislokasi Sendi. Defenisi: Dislokasi adalah cedera pada sendi yang...

  • Disentri Disentri

    Gaya Hidup Sehat

    Disentri

    By

    Informasi ini dirangkum dari Google Medical Information, Hellosehat, dan Alodokter mengenai Disentri Defenisi: Disentri adalah penyakit pada...

  • Difteri Difteri

    Gaya Hidup Sehat

    Difteri

    By

    Informasi ini dirangkum dari Alodokter, Hellosehat dan Google Medical Information mengenai Difteri. Defenisi: Difteri adalah infeksi menular...

  • Diare Diare

    Gaya Hidup Sehat

    Diare

    By

    Informasi ini dirangkum dari Alodokter dan Hellosehat mengenai Diare. Defenisi: Diare merupakan kondisi yang ditandai dengan...

  • Dislipidemia Dislipidemia

    Penyakit

    Dislipidemia

    By

    Informasi ini dirangkum dari halosehat dan mediskus mengenai Dislipidemia. Defenisi: Dislipidemia adalah kondisi yang terjadi saat...

  • Disaselerasi Disaselerasi

    Gaya Hidup Sehat

    Dilaserasi

    By

    Informasi ini dirangkum dari klik dokter, halosehat, dan halogigi mengenai Dilaserasi. Pengertian : Gigi bengkok (dilaserasi)...

  • Dermatitis Kontak Dermatitis Kontak

    Gaya Hidup Sehat

    Dermatitis Kontak

    By

    Informasi ini dirangkum dari Alodokter dan Hellosehat mengenai Dermatitis Kontak. Defenisi: Dermatitis kontak adalah peradangan pada...

  • Nyamuk Aedes Aegypti Nyamuk Aedes Aegypti

    Penyakit

    Demam Berdarah

    By

    Informasi ini dirangkum dari Hellosehat dan Alodokter mengenai Nyamuk Aedes Aegypti. Defenisi: Demam berdarah dengue (DBD) adalah...

  • angioedema angioedema

    Diet

    Angioedema Herediter

    By

    Angioedema Herediter adalah suatu kelainan sistem kekebalan yang diturunkan, yang menyebabkan pembengkakan jaringan secara tiba-tiba. PENYEBAB Angioedema...

Populars

Cantengan

Gaya Hidup Sehat

Cantengan / Paronychia

By Maret 7, 2018
angioedema

Diet

Angioedema Herediter

By Desember 22, 2017
aneurisma-aorta-ilustrasi-2-foto-shutterstock

Gaya Hidup Sehat

Aneurisma Aorta Dada

By Desember 14, 2017

Tags

Categories

To Top