Connect with us

Gaya Hidup Sehat

Dilaserasi

Disaselerasi

Disaselerasi

Informasi ini dirangkum dari klik dokter, halosehat, dan halogigi mengenai Dilaserasi.

Pengertian :

Gigi bengkok (dilaserasi) adalah kelainan bentuk pada gigi dimana gigi melengkung membentuk kurva atau sudut pada bagian mahkota atau akar gigi.

Kelainan ini terjadi karena adanya gangguan saat proses pembentukan gigi. Dilaserasi bisa ditemukan pada gigi susu maupun gigi tetap yang biasanya terdapat pada gigi belakang rahang atas.

Dilaserasi dapat menyerang pria wanita dan menimbulkan masalah ketika pencabutan gigi dilakukan, Kondisi ini disebabkan deviasi angulasinya yang terlalu tajam, Nyaris tegak lurus dan memanjang tak beraturan.

Gejala :

Gejala penyakit ini adalah:

  • Bentuk gigi bengkok
  • Tidak adanya kesejajaran antara satu gigi dengan gigi yang lain (tidak rata)
  • Sudut atas gigi cenderung runcing tumpul
  • Adanya lengkungan yang berbentuk secara acak yang dapat tumbuh pada ujung akar gigi, Sepanjang antara mahkota dan akar, Pada bagian tengah gigi atau terjadi pada leher gigi.

Efek samping dari kasus dilaserasi pada anak anak

  • Mengalami masalah ketika pengunyahan dan Kesulitan bicara
  • Terganggunya penampilan bentuk gigi secara estetika (terlihat asimetris dan nampak buruk)
  • Mengalami kemunduran fungsi rahang yang diawali dengan bentuk yang tidak simetris
  • Kondisi kesehatan gusi yang rendah yang menyebabkan mudahnya terserang luka
  • Mengalami erupsi gigi tetap yang akhirnya dapat mengganggu pertumbuhan gigi serta rahang secara bersamaan.

Penyebab :

Penyebab dari kondisi ini dikarenakan banyak faktor. Berikut ini beberapa penyebab dari dilaserasi yang bisa terjadi.

  1. Trauma fisik dan psikis

Biasanya anak-anak dalam masa perkembangan (balita) yang mengalami trauma, baik secara fisik maupun psikis bisa mengalami pergeseran mahkota atau akar gigi. Kondisi ini bisa terjadi secara bertahap dan bisa menyebabkan penyakit tersebut. Trauma yang dimaksud misalnya adalah terjatuh saat olahraga, atau terbentur sesuatu di bagian bibir.

  1. Kista

Penyebab karena kista memang jarang terjadi. Namun kista atau tumor yang terjadi di sekitar rongga mulut atau gusi bisa menyebabkan kondisi ini. Apalagi jika kondisi ini terjadi di saluran akar gigi. Maka gigi posisinya bisa bergeser atau bergerak dan menyebabkan kondisi tersebut.

  1. Infeksi saluran akar

Infeksi saluran akar juga bisa menjadi penyebab dari dilaserasi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh luka pada saluran akar sehingga memunculkan suatu infeksi yang perlu untuk segera diatasi dengan baik.

  1. Kelainan laring oskopi

Laring oskopu merupakan salah satu prosedur untuk memeriksa tenggorokan atau pita suara. Kelainan pada laring juga bisa mempengaruhi kesehatan akar gigi dan juga mekanisme pertumbuhan gigi.

  1. Pembentukan benih ektopik

Pembentukan benih ektopik yang tidak normal bisa menyebabkan kondisi gangguan ini, terutama pada anak-anak yang sudah mulai tumbuh gigi.

  1. Transplantasi gigi

Transplantasi Macam Macam Gigi harus dilakukan dengan benar. Jika tidak, maka akar gigi bisa memiliki struktur yang kurang benar dan memicu gangguan pada pertumbuhan gigi.

  1. Congenital inchtyosis

Gangguan ini adalah gangguan langka yang diturunkan atau diwariskan dari gen atau faktor keturunan. Efeknya bisa menyebabkan kelainan pada akar gigi sehingga menyebabkan pertumbuhan gigi menjadi tidak normal.

  1. Sindrom smith magenis

Sindrom ini adalah salah satu Jenis Jenis Penyakit Mulut yang juga langka. Sindrom ini menyebbakan banyak gangguan, misalnya kelainan bentuk wajah, kesulitan berbicara, dan juga bentuk gigi yang abnormal.

  1. Axenteld Rieger syndrome

Sindrom ini adalah salah satu sindrom yang menyebabkan masalah pada mata dan juga bagian tubuh lain. Salah satunya adalah benih gigi dan jaringan akar gigi yang lebih kecil dari ukuran normal.

  1. Herediter

Penyebab lain dari gangguan ini adalah munculnya herediter, yang merupakan penyakit keturunan yang mneyebabkan gigi mengalami gangguan pertumbuhan sejak kecil.

  1. Keadaan gusi

Keadaan gusi juga bisa mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan gigi. Jika gusi memiliki bentuk yang abnormal atau telah mengalami trauma sebelumnya, maka saluran akar gigi juga bisa terpengaruh menjadi abnormal juga.

Diagnosa :

Diagnosa dapat dilakukan dengan cara :

  • Dilakukan pemeriksaan awal pada struktur gigi geligi secara keselurihan
  • Menganalisa dan bertanya apakah penderita pernah mengalami sakit gigi sebelumnya
  • Pengobatan dengan menggunakan radiografik (pengambilan foto dengan dari berbagai sudut sesuai dengan prosedur pemeriksaan) setelah itu akan ditentukan apa dan bagaimana waktu yang tepat untuk dilakukan pencabutan dan pelaksanaan perawatan sekitar akar gigi. Penggunaan radiografik bertujuan agar analisa dan hasil pemeriksaan akurat tentang kerusakan jaringan periodontal pada sekitar akar gigi.
  • Jika saluran akar mengalami gangguan maka akan dilakukan pengangkatan jaringan pulpa yang sudsah mengalami infeksi dari area pulpa dan saluran akar lalu akan diisi penuh dengan penadat 9pengisi) saluran akar supaya terhindar dari kelainan yang lebih luas serta tidak mengalami infeksi ulang.

 Pengobatan :

Kondisi ini tentunya tidak diinginkan terjadi kepada anak-anak. Selain itu, efek samping yang ada juga perlu diminimalisir atau bahkan dihilangkan dengan pengobatan yang tepat. Berikut ini beberapa cara pengobatan yang bisa dilakukan.

  • Pemeriksaan awal perlu dilakukan untuk melihat struktur gigi secara keseluruhan
  • Pengobatan akan dilakukan dengan alternatif pengobatan radiografik. Radiografik ini dilakukan untuk mengambil gambar kondisi gigi dari berbagai sudut sesuai dengan tahapan pemeriksaan yang perlu dilakukan. Kemudian dari hasil analisis tersebut akan ditentukan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan akar gigi dan pencabutan gigi, serta Cara Mencabut Gigi Gerahamyang benar dari dokter gigi yang bersangkutan.
  • Jika terbukti saluran akan mengalami gangguan, maka jaringan pulpa yang terinfeksi perlu diangkat agar tidak menginfeksi jaringan lain di sekitarnya. Setelah itu saluran akar akan diisi dengan penadat. Tujuannya adalah agar terhindar dari gangguan yang lebih parah di kemudian hari dan mencegah infeksi terjadi di kemudian hari.

Terkadang gigi yang mengalami dilaserasi dapat mengalami kesulitan untuk tumbuh ke posisi yang normal dalam rongga mulut. Karena itu gigi bengkokharus dicabut. Sayangnya penanganan untuk gigi bengkok (dilaserasi) terkadang sulit dilakukan. Pada beberapa kasus dilaserasi prosedur pencabutan bahkan tidak bisa dilakukan.

a444d37a06d1040d95dd1d1abdb45143_medicaboo-card

Medicaboo : Aplikasi kesehatan di Google Play untuk Android

Yuk, Download Aplikasi Medicaboo!

Untuk mengetahui informasi rumah sakit, layanan kesehatan, dan dokter di Pekanbaru dengan mudah dan cepat! Akses website direktori rumah sakit di http://www.medicaboo.com atau tinggal klik di sini. Download aplikasi kesehatan Medicaboo android di Google Playstore.

Tags : #Faktaunikmedicaboo #Faktakesehatan #Medicaboo #Kesehatan #Healthfacts 

 

Facebook Comments
Share & Follow

More in Gaya Hidup Sehat

  • Divertikulitis Divertikulitis

    Gaya Hidup Sehat

    Divertikulitis

    By

    Informasi ini dirangkum dari Alodokter dan Hellosehat mengenai Divertikulitis. Defenisi: Divertikulitis adalah peradangan atau infeksi yang terjadi...

  • Disentri Disentri

    Gaya Hidup Sehat

    Disentri

    By

    Informasi ini dirangkum dari Google Medical Information, Hellosehat, dan Alodokter mengenai Disentri Defenisi: Disentri adalah penyakit pada...

  • Disleksia Disleksia

    Gaya Hidup Sehat

    Disleksia

    By

    Informasi ini dirangkum dari Google Medical Information, Alodokter, dan docdoc mengenai Disleksia. Defenisi: Disleksia adalah suatu gangguan...

  • Difteri Difteri

    Gaya Hidup Sehat

    Difteri

    By

    Informasi ini dirangkum dari Alodokter, Hellosehat dan Google Medical Information mengenai Difteri. Defenisi: Difteri adalah infeksi menular...

  • Diare Diare

    Gaya Hidup Sehat

    Diare

    By

    Informasi ini dirangkum dari Alodokter dan Hellosehat mengenai Diare. Defenisi: Diare merupakan kondisi yang ditandai dengan...

  • Dystonia Dystonia

    Gaya Hidup Sehat

    Dystonia

    By

    Informasi ini dirangkum dari Alodokter, dan docdoc mengenai Dystonia. Defenisi : Dystonia adalah kondisi medis yang...

  • Dry Socket Dry Socket

    Gaya Hidup Sehat

    Dry Socket

    By

    Informasi ini dirangkum dari Hellosehat, dan Alodokter mengenai Dry Socket. Defenisi : Dry socket / alveolar osteitis...

  • Dermatitis Kontak Dermatitis Kontak

    Gaya Hidup Sehat

    Dermatitis Kontak

    By

    Informasi ini dirangkum dari Alodokter dan Hellosehat mengenai Dermatitis Kontak. Defenisi: Dermatitis kontak adalah peradangan pada...

  • Gejala Demam Kuning Gejala Demam Kuning

    Gaya Hidup Sehat

    Demam Kuning

    By

    Informasi ini dirangkum dari Alodokter dan Hellosehat mengenai Demam Kuning . Defenisi: Demam kuning atau yellow fever adalah jenis...

  • Croup / Laringotrakeobronkitis Croup / Laringotrakeobronkitis

    Gaya Hidup Sehat

    Croup / Laringotrakeobronkitis

    By

    Informasi ini dirangkum dari bukusakudokter.com, Alodokter, dan Hellosehat mengenai Croup / Laringotrakeobronkitis. Defenisi: Croup (Laringotrakeobronkitis) adalah suatu infeksi...

Populars

Cantengan

Gaya Hidup Sehat

Cantengan / Paronychia

By Maret 7, 2018
angioedema

Diet

Angioedema Herediter

By Desember 22, 2017
aneurisma-aorta-ilustrasi-2-foto-shutterstock

Gaya Hidup Sehat

Aneurisma Aorta Dada

By Desember 14, 2017

Tags

Categories

To Top