Connect with us

Cantengan / Paronychia

Gaya Hidup Sehat

Cantengan / Paronychia

Cantengan

Cantengan

Informasi ini dirangkum dari Google Medical Information, Alodokter, Hellosehat, dan Mediskus mengenai Cantengan.

Defenisi:

Cantengan / Paroychia adalah infeksi jaringan lipatan di sekitar kuku.

Kondisi ini ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit pada sudut ujung jari akibat pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam sehingga melukai kulit. Kondisi ini sering dialami oleh jempol kaki terutama pada orang yang memiliki bentuk kuku yang melengkung atau kuku tebal. Cantengan dapat terjadi pada kuku di salah satu kaki atau di kedua kaki.

Meskipun cantengan dapat sembuh, kondisi ini berisiko kambuh berulang kali atau menimbulkan komplikasi jika tidak diobati dengan benar. Komplikasi akibat cantengan dapat menjadi serius terutama pada orang yang menderita diabetes atau kelainan pembuluh darah.

Penyebab cantengan atau ingrown nail ada banyak versi. Kependekan memotong kukudapat menyebabkan kuku bertumbuh ke dalam kulit. Sepatu yang kesempitan dapat menyebabkan kuku tertekan ke dalam dan lama kelamaan jadi cantengan. Jempol kaki yang kejedot pintu kayu atau kaki meja juga dapat menyebabkan kuku patah dan akhirnya bertumbuh ke dalam. Tapi kenapa kuku bisa bertumbuh ke dalam?

Pertumbuhan Kuku

Setiap kuku pada mulanya bertumbuh dari sebuah kantong kecil di bawah kulit pangkal kuku yang disebut matriks. Matriks kuku bertugas memproduksi sel kuku baru tanpa henti. Sel-sel kuku ini kemudian mendorong kelompok sel kuku lama keluar dari kulit. Kuku di atas punggung jemari yang bisa Anda lihat dan sentuh saat ini adalah sel kuku yang sudah mati.

Kuku terus bertumbuh dengan kecepatan 0,1 mm per hari atau 3 mm dalam satu bulan. Laju pertumbuhan kuku dipengaruhi oleh sejumlah kegiatan fisik dan lingkungan. Misalnya, selama siang hari dan di musim panas, kuku tumbuh lebih cepat daripada saat malam atau di musim dingin. Kuku juga tumbuh lebih cepat di tangan kanan Anda jika Anda bertangan kanan, dan lebih cepat di tangan kiri Anda jika Anda kidal. Kuku tumbuh lebih cepat pada pria dan orang-orang yang lebih muda daripada wanita dan orang tua.

Demam dan penyakit serius memperlambat laju pertumbuhan kuku. Trauma ringan seperti kebiasaan menggigit kuku merangsang pertumbuhan kuku, sementara keterbatasan fisik atau gizi buruk memperlambat pertumbuhan kuku.

Mengapa kuku bisa tumbuh ke dalam?

Pertumbuhan kuku merupakan proses yang cukup rapuh — tanpa henti menyeimbangkan antara stres yang didapatkan oleh kuku dan upaya mempertahankan agar kuku tetap menempel di dasar kuku. Kuku yang bertumbuh terlalu cepat atau lambat dapat mengacaukan keseimbangan ini sehingga mengubah kelengkungan kuku keluar dari alur kuku.

Ujung pinggiran kuku yang tajam dapat berkembang keluar alur kuku yang semestinya dan jadi terdorong masuk menekan kulit, sehingga menyebabkan ingrown nail. Kuku jemari tangan tumbuh sangat lambat, tapi pola pertumbuhan kuku kaki Anda lebih lambat lagi. Ini sebabnya kuku kaki lebih rentan mengalami cantengan.

Pada awalnya, kulit di sekitar kuku cantengan mungkin terasa lunak, bengkak, atau mengeras. Namun jika terus dibiarkan, tekanan besar dari pemakaian kaki berkelanjutan, kuku kaki yang bertumbuh ke dalam dapat merobek kulit hingga ke dalam epidermis (lapisan kulit tengah). Bakteri dapat masuk melalui luka ini dan  kemudian menyebabkan peradangan, nyeri dan infeksi. Cantengan juga mungkin berdarah atau mengeluarkan nanah.

Gejala:

Gejala cantengan yang umumnya terjadi, antara lain adalah:

  • Nyeri apabila kuku yang mengalami cantengan ditekan.
  • Terdapat penumpukan cairan di bagian jari kaki.
  • Perdarahan di kuku yang mengalami cantengan.
  • Keluarnya nanah berwarna putih atau kuning.
  • Peradangan pada kulit di ujung jari kaki.
  • Kulit jari kaki mengalami pertumbuhan berlebih.

Keluarnya darah, nanah dan pertumbuhan kulit berlebih pada kuku yang mengalami cantengan merupakan gejala infeksi pada kuku tersebut. Oleh karena itu, jika muncul gejala infeksi, kuku yang mengalami cantengan harus segera diobati agar tidak bertambah parah.

Penyebab:

Cantengan cukup sering terjadi, terutama disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

  • Memotong kuku dengan tidak benar. Jika kuku jari kaki dipotong terlalu pendek atau menembus hingga ke bagian pinggiran kuku, dapat menyebabkan kulit jari kaki tumbuh tidak normal dan menembus kulit.
  • Bentuk kuku. Bentuk kuku yang seperti kipas menyebabkan kuku lebih mudah menusuk kulit.
  • Kaki berkeringat. Keringat pada kulit jari kaki dapat menyebabkan kuku menjadi lunak dan mudah rusak, sehingga terselip pada kulit.
  • Cedera kaki. Cedera pada kaki, misalnya akibat tersandung atau menendang benda keras secara tidak disengaja, dapat menyebabkan kerusakan kuku atau membuat kuku menancap pada kulit.
  • Menggunakan sepatu atau kaus kaki yang ketat dan sempit. Kaus kaki dan sepatu yang sempit akan menekan kuku kaki, sehingga dapat menembus kulit.
  • Kurang menjaga kebersihan kaki.
  • Faktor genetik.

Beberapa aktivitas fisik, terutama yang melibatkan tendangan kaki kepada benda keras, dapat memicu terjadinya cantengan. Contoh aktivitas fisik tersebut antara lain adalah:

  • Menari balet.
  • Sepak bola.
  • Rugby. 
  • Kickboxing. 

Diagnosis:

Cantengan dapat didiagnosis dengan mudah melalui pemeriksaan fisik pada jari kaki yang mengalami cantengan. Akan tetapi pada beberapa kasus, diperlukan pemindaian sinar-X terutama pada cantengan yang disebabkan oleh cedera pada jari kaki. Pemindaian sinar-X juga dapat memberikan gambaran kedalaman kuku yang sudah menembus kulit dan menyebabkan cantengan.

Pengobatan:

Kuku cantengan yang dibiarkan terinfeksi dapat menjadi masalah kambuhan dan menyebabkan komplikasi serius, seperti masalah tulang.

Jika kuku yang tumbuh ke dalam tidak terinfeksi, Anda dapat mencoba beberapa pengobatan di rumah untuk meminimalisir rasa sakitnya dan mencegah ingrown nail tumbuh kembali. Berikut adalah beberapa ide pengobatan rumahan untuk kuku cantengan:

  • Rendam dalam air garam hangat selama 15 menit untuk 3-4 kali sehari. Sementara direndam, Anda bisa menggunakan cotton bud untuk perlahan mendorong kulit agar menjauhi kuku. Air hangat juga dapat meringankan rasa sakit dan pembengkakan akibat cantengan. Keringkan kaki dengan baik setelahnya.
  • Jaga kaki tetap bersih dan kering selama beraktivitas kecuali saat merendam.
  • Minum obat penghilang nyeri misalnya paracetamol atau ibuprofen.
  • Oleskan salep antibiotik untuk mengurangi risiko infeksi.
  • Balut jari yang cantengan dengan perban kasa dan pakai sendal selama beraktivitas. Atau, pakai sepatu yang terbuat dari kain halus dengan jarak antar jari yang luas. Hindari memakai sepatu ketat.

Jika gejala tidak berangsur sembuh atau jika cantengan terlanjur terinfeksi, jangan mencoba mengobati cantengan sendiri. Cantengan yang terinfeksi perlu diperiksa oleh podiatris, ahli penyakit kaki.

Dokter mungkin meresepkan antibiotik dan/atau mengangkat sebagian kuku yang tertanam ke dalam kulit serta bantalan kuku yang mendasarinya untuk mencegah masalah datang kembali. Selagi kuku bertumbuh ulang, dokter dapat menempatkan sepotong kapas lebut di bawah kuku untuk mencegah kuku kembali tumbuh keluar jalur. Penting untuk selalu teratur mengganti kapas setiap hari.

Jika infeksi tetap membandel, dokter dapat merekomendasikan pengangkatan sebagian kuku lewat operasi.

Pencegahan:

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah cantengan, di antaranya adalah:

  • Jangan memotong kuku secara melengkung mengikuti lengkungan ujung jari. Potonglah kuku secara lurus.
  • Jangan memotong kuku terlalu pendek.
  • Singkirkan kulit-kulit keras atau kulit mati di sekitar kuku dengan menggunakan kikir khusus kuku atau batu apung.
  • Gunakan kaos kaki atau sepatu yang nyaman dan tidak menekan jari kaki.
  • Jagalah selalu kebersihan kaki dan gunakan pelembap.
  • Jika perlu, kunjungilah dokter secara rutin untuk memeriksakan kesehatan kaki Anda.

a444d37a06d1040d95dd1d1abdb45143_medicaboo-card

Medicaboo : Aplikasi kesehatan di Google Play untuk Android

Yuk, Download Aplikasi Medicaboo!

Untuk mengetahui informasi rumah sakit, layanan kesehatan, dan dokter di Pekanbaru dengan mudah dan cepat! Akses website direktori rumah sakit di http://www.medicaboo.com atau tinggal klik di sini. Download aplikasi kesehatan Medicaboo android di Google Playstore.

Tags : #Faktaunikmedicaboo #Faktakesehatan #Medicaboo #Kesehatan #Healthfacts #MakananPedas

Facebook Comments
Share & Follow

More in Gaya Hidup Sehat

  • Divertikulitis Divertikulitis

    Gaya Hidup Sehat

    Divertikulitis

    By

    Informasi ini dirangkum dari Alodokter dan Hellosehat mengenai Divertikulitis. Defenisi: Divertikulitis adalah peradangan atau infeksi yang terjadi...

  • Disentri Disentri

    Gaya Hidup Sehat

    Disentri

    By

    Informasi ini dirangkum dari Google Medical Information, Hellosehat, dan Alodokter mengenai Disentri Defenisi: Disentri adalah penyakit pada...

  • Disleksia Disleksia

    Gaya Hidup Sehat

    Disleksia

    By

    Informasi ini dirangkum dari Google Medical Information, Alodokter, dan docdoc mengenai Disleksia. Defenisi: Disleksia adalah suatu gangguan...

  • Difteri Difteri

    Gaya Hidup Sehat

    Difteri

    By

    Informasi ini dirangkum dari Alodokter, Hellosehat dan Google Medical Information mengenai Difteri. Defenisi: Difteri adalah infeksi menular...

  • Diare Diare

    Gaya Hidup Sehat

    Diare

    By

    Informasi ini dirangkum dari Alodokter dan Hellosehat mengenai Diare. Defenisi: Diare merupakan kondisi yang ditandai dengan...

  • Dystonia Dystonia

    Gaya Hidup Sehat

    Dystonia

    By

    Informasi ini dirangkum dari Alodokter, dan docdoc mengenai Dystonia. Defenisi : Dystonia adalah kondisi medis yang...

  • Dry Socket Dry Socket

    Gaya Hidup Sehat

    Dry Socket

    By

    Informasi ini dirangkum dari Hellosehat, dan Alodokter mengenai Dry Socket. Defenisi : Dry socket / alveolar osteitis...

  • Disaselerasi Disaselerasi

    Gaya Hidup Sehat

    Dilaserasi

    By

    Informasi ini dirangkum dari klik dokter, halosehat, dan halogigi mengenai Dilaserasi. Pengertian : Gigi bengkok (dilaserasi)...

  • Dermatitis Kontak Dermatitis Kontak

    Gaya Hidup Sehat

    Dermatitis Kontak

    By

    Informasi ini dirangkum dari Alodokter dan Hellosehat mengenai Dermatitis Kontak. Defenisi: Dermatitis kontak adalah peradangan pada...

  • Gejala Demam Kuning Gejala Demam Kuning

    Gaya Hidup Sehat

    Demam Kuning

    By

    Informasi ini dirangkum dari Alodokter dan Hellosehat mengenai Demam Kuning . Defenisi: Demam kuning atau yellow fever adalah jenis...

Populars

Cantengan

Gaya Hidup Sehat

Cantengan / Paronychia

By Maret 7, 2018
angioedema

Diet

Angioedema Herediter

By Desember 22, 2017
aneurisma-aorta-ilustrasi-2-foto-shutterstock

Gaya Hidup Sehat

Aneurisma Aorta Dada

By Desember 14, 2017

Tags

Categories

To Top