Connect with us

Anemia karena Kekurangan Asam Folat

Penyakit

Anemia karena Kekurangan Asam Folat

Anemia karena Kekurangan Asam Folat

Anemia karena Kekurangan Asam Folat

Informasi ini dirangkum dari spesialis info, medkes, dan Alodokter mengenai Anemia karena Kekurangan Asam Folat.

Untuk informasi lebih lamjut bisa melihat postingan sebelumnya mengenai Anemia & Anemia Hemolitik.

Defenisi :
Anemia Karena Kekurangan Asam Folat adalah suatu anemia megaloblastik yang disebabkan kekurangan asam folat (vitamin B9).

Perlu diingat bahwa anemia sendiri adalah suatu kondisi di mana darah tidak mampu membawa cukup oksigen untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Folat adalah vitamin B (B9) yang sangat diperlukan untuk banyak proses penting tubuh. Folat akan bekerja bersama vitamin B12 untuk membantu pembentukan DNA. DNA adalah materi genetik yang ditemukan pada setiap sel manusia. Folat juga terlibat dalam pembentukan sel darah merah. Jika kekurangan folat, tubuh tidak mampu memproduksi banyak sel darah merah yang normal. Mereka juga akan berukuran besar abnormal dan umurnya tidak selama sel darah merah yang normal.

Jika seseorang kekurangan sel darah merah, jaringan dan organ akan kekurangan oksigen. Hal ini menyebabkan gejala anemia.

Asam folat adalah vitamin yang terdapat pada sayuran mentah, buah segar dan daging; tetapi proses memasak biasanya dapat merusak vitamin ini. Karena tubuh hanya menyimpan asam folat dalam jumlah kecil, maka suatu makanan yang sedikit mengandung asam folat, akan menyebabkan kekurangan asam folat dalam waktu beberapa bulan.

Ketika asupan makanan dengan vitamin B12 atau folat tidak cukup, atau tubuh kesulitan menyerap atau memroses vitamin B12 atau folat, maka anemia jenis ini akan terjadi.
Penyebab :
Ada beberapa kemungkinan penyebab seseorang kekurangan folat, di bawah ini adalah penyebab yang paling umum:

  • Pola makan buruk. Tubuh tidak mampu menyimpan folat sehinga Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung folat setiap hari.
  • Kekurangan asam folat lebih sering terjadi dunia Barat dibandingkan dengan kekurangan vitamin B12, karena disana orang tidak cukup memakan sayuran berdaun yang mentah
  • Obat-obatan. Obat epilepsi jenis tertentu dan methotrexate, obat yang digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis, dapat mengganggu cara folat dipergunakan dalam tubuh Anda.
  • Alkohol. Mengonsumsi alkohol dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap dan menggunakan folat.
  • Penyakit usus. Penyakit seliaka (coeliac)  atau penyakit inflamasi usus, seperti penyakit Crohn, dapat mengganggu penyerapan folat dalam tubuh.
  • Anemia hemolitik kronik. Ini termasuk kondisi warisan seperti  talasemia dan anemia sel sabit, yang menyebabkan sel-sel darah merah memecah terlalu cepat. Kondisi ini menyebabkan kebutuhan folat tubuh meningkat dan akan menyebabkan kekurangan folat jika Anda tidak cukup mendapatkannya dari makanan.
  • Kehamilan. Jika sedang hamil, maka Anda membutuhkan lebih banyak folat untuk memenuhi kebutuhan perkembangan janin Anda.

 

Komplikasi :

Jika mengalami anemia, jantung harus bekerja lebih keras untuk menghantarkan oksigen ke organ-organ vital. Jika Anda mengalami anemia defisiensi folat yang parah, maka dapat menyebabkan gagal jantung, artinya jantung tidak memompa darah ke seluruh tubuh sebagaimana mestinya.

Jika anemia defisiensi folat tidak diobati, maka akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan juga mempengaruhi tingkat kesuburan. Kekurangan folat dalam tubuh juga dapat meningkatkan risiko terkena beberapa jenis kanker.Jika Anda sedang hamil dan tidak mendapatkan cukup folat dalam beberapa bulan pertama kehamilan, maka bayi akan berisiko mengembangkan cacat tabung saraf. Ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut spina bifida, yang terjadi karena saraf dan sumsum tulang belakang janin tidak berkembang dengan baik.

Pertimbangan khusus untuk kehamilan :

Ketika mempertimbangkan untuk hamil, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter mengenai seberapa besar kebutuhan Anda akan folat. Ini untuk membantu menurunkan risiko bayi mengalami cacat tabung saraf.
Selain itu, juga penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya folat, namun bukan makan hati. Meskipun hati merupakan sumber folat yang baik, tapi tidak cocok untuk wanita hamil karena banyak mengandung vitamin A, yang dapat membahayakan bayi Anda.

 

Gejala :

Gejala umum dari semua jenis anemia, meliputi:
  • Merasa lekas lelah
  • Merasa sesak napas
  • Perasaan jantung berdebar, yang disebut dengan palpitasi.
Jika mengalami anemia defisiensi folat, seseorang juga mungkin akan mengalami gejala, seperti:
  • Hilang nafsu makan
  • Diare
  • Depresi
  • Sakit lidah.
Tapi gejala-gejala diatas juga dapat disebabkan oleh penyakit atau kondisi lain selain anemia defisiensi folat.
Orang yang mengalami kekurangan asam folat akan menderita anemia. Bayi, tetapi bukan orang dewasa, bisa memiliki kelainan neurologis. Kekurangan asam folat pada wanita hamil bisa menyebabkan terjadinya cacat tulang belakang (korda spinalis) dan kelainan bentuk lainnya pada janin.

Untuk membantu tubuh menghasilkan sel darah merah, dibutuhkan kerja sama antara vitamin B12 dan folat. Vitamin B12 juga berguna untuk membantu menjaga sistem saraf tetap sehat. Ini termasuk otak, saraf, dan saraf tulang belakang. Pada sisi lain, vitamin B9 atau folat juga sangat penting bagi wanita hamil. Kekurangan folat pada wanita hamil bisa meningkatkan risiko kelainan bawaan atau cacat pada bayi yang belum dilahirkan.

 

Diagnosa :
Pada pemeriksaan apus darah tepi dibawah mikroskop akan ditemukan megaloblas (sel darah merah berukuran besar). Jika ditemukan megaloblas (sel darah merah berukuran besar) pada seorang penderita anemia, maka dilakukan pengukuran kadar asam folat dalam darah.

Jika dokter mencurigai seseorang mengalami anemia, biasanya dia akan melakukan pemeriksaan darah, diantaranya:
  • Hitung darah lengkap. Ini untuk memeriksa kadar hemoglobin (HB) dalam darah dan seberapa banyak kadar dari masing-masing jenis sel darah. Hitung darah lengkap juga akan mengetahui ukuran sel darah merah Anda.
  • Kadar vitamin B12, zat besi dan folat. Kadar vitamin B12, zat besi dan folat akan diukur untuk melihat apakah kadarnya berkurang.
  • Film darah. Darah akan dilihat dengan mikroskop untuk memeriksa ukuran dan bentuk sel darah merah. Film darah juga dilakukan untuk menilai keberadaan sel darah putih yang berbeda.
Untuk beberapa kasus, mungkin seseorang memerlukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebab anemianya.

 

Pengobatan :
Pengobatan anemia defisiensi folat akan berdasarkan penyebab atau penyakit yang mendasarinya.

Pengobatan rumahan :
Jika kekurangan folat, dokter biasanya akan menyarankan agar Anda mengonsumsi folat dari sumber alami. Sumber alami folat yang baik, antara lain:
  • Sayuran hijau, seperti bayam, kale, dan brokoli
  • Buncis
  • Kacang-kacangan, seperti kacang blackeye (kacang tunggak atau kacang tolo)
  • Unggas
  • Jeruk
  • Beras merah.
Obat-obatan :
Dokter mungkin juga akan meresepkan suplemen folat. Folat tersedia dalam bentuk sintetis yang disebut dengan asam folat. Asam folat adalah vitamin yang larut dalam air yang diserap dan dipergunakan dengan baik oleh tubuh. Dosisnya biasanya 5 miligram (mg) per hari, setidaknya selama empat bulan (lamanya bervariasi). Pada beberapa kasus, mungkin diperlukan pengobatan dengan asam folat dalam waktu yang lebih lama, bahkan seumur hidup.Agar pengobatan efektif, jumlah darah dan kadar folat harus diukur. Usahakan untuk memeriksakan kembali jumlah darah dan kadar folat Anda sekitar delapan minggu sejak mengonsumsi asam folat. Ini untuk menentukan langkah pengobatan selanjutnya.

 

Pencegahan :
Menambah asupan makanan yang banyak mengandung asam folat. Untuk mencegah kekurangan asam folat pada kehamilan, maka wanita hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi tablet asam folat.

Anda dapat menurunkan risiko terkena anemia defisiensi folat dengan diet seimbang yang mengandung cukup folat. Direkomendasikan, jumlah folat untuk dikonsumsi setiap hari adalah 200 mikrogram (ug). Umumnya, jika seseorang sudah cukup mengonsumsi sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan, tidak perlu lagi untuk mengonsumsi suplemen.

Folat dapat rusak oleh panas, sehingga buah dan sayuran yang dalam keadaan mentah mengandung lebih tinggi folat ketimbang yang telah dimasak. Roti dan sereal yang telah diperkaya dengan vitamin juga merupakan sumber folat yang baik.Namun jika Anda memiliki gangguan dalam penyerapan nutrisi tubuh, atau jika sedang hamil, maka mungkin perlu untuk mengonsumsi suplemen. Mintalah saran dokter untuk hal ini.

a444d37a06d1040d95dd1d1abdb45143_medicaboo-card

Medicaboo : Aplikasi kesehatan di Google Play untuk Android

Yuk, Download Aplikasi Medicaboo!

Untuk mengetahui informasi rumah sakit, layanan kesehatan, dan dokter di Pekanbaru dengan mudah dan cepat! Akses website direktori rumah sakit di http://www.medicaboo.com atau tinggal klik di sini. Download aplikasi kesehatan Medicaboo android di Google Playstore.

Tags : #Faktaunikmedicaboo #Faktakesehatan #Medicaboo #Kesehatan #Healthfacts #MakananPedas

Facebook Comments
Share & Follow

More in Penyakit

  • Otitis Eksterna Otitis Eksterna

    Penyakit

    Otitis Eksterna

    By

    Informasi ini dirangkum dari Aldokter , Klikdokter dan Hellosehat mengenai Otitis Eksterna. Defenisi: Otitis eksterna adalah peradangan...

  • Osteoarthritis / Pengapuran Sendi Osteoarthritis / Pengapuran Sendi

    Penyakit

    Osteoarthritis / Pengapuran Sendi

    By

    Informasi ini dirangkum dari Aldokter dan Hellosehat mengenai Osteoarthritis. Defenisi: Osteoarthritis adalah suatu kondisi yang menyebabkan sendi-sendi...

  • OCD (Obsessive Compulsive Disorder) OCD (Obsessive Compulsive Disorder)

    Penyakit

    OCD (Obsessive Compulsive Disorder)

    By

    Informasi ini dirangkum dari Aldokter dan Hellosehat mengenai OCD (Obsessive Compulsive Disorder). Defenisi: Gangguan obsesif kompulsif atau...

  • Osteosarcoma Osteosarcoma

    Penyakit

    Osteosarcoma

    By

    Informasi ini dirangkum dari Aldokter dan Hellosehat mengenai Osteosarcoma. Defenisi: Osteosarcoma adalah salah satu jenis kanker tulang...

  • Orchitis Orchitis

    Penyakit

    Orchitis

    By

    Informasi ini dirangkum dari Aldokter dan Hellosehat mengenai Orchitis. Defenisi: Orchitis adalah peradangan atau inflamasi akut pada...

  • Obesitas Obesitas

    Penyakit

    Obesitas

    By

    Informasi ini dirangkum dari Klikdokter ,Aldokter dan Hellosehat mengenai Defenisi: Obesitas adalah penumpukan lemak yang sangat...

  • Nyeri Sendi Nyeri Sendi

    Penyakit

    Nyeri Sendi

    By

    Informasi ini dirangkum dari Aldokter dan Docdoc mengenai Nyeri Sendi. Defenisi: Sendi adalah area hubungan antartulang....

  • Nyeri Haid Nyeri Haid

    Penyakit

    Nyeri Haid / Dismenore

    By

    Informasi ini dirangkum dari Klikdokter ,Aldokter dan Hellosehat mengenai Nyeri Haid. Defenisi: Nyeri haid atau dismenorea adalah...

  • Neuropati Neuropati

    Penyakit

    Neuropati

    By

    Informasi ini dirangkum dari Klikdokter ,Aldokter dan Hellosehat mengenai Neuropati. Defenisi: Neuropati adalah istilah umum yang digunakan...

  • Neurodermatitis Neurodermatitis

    Penyakit

    Neurodermatitis

    By

    Informasi ini dirangkum dari Klikdokter ,Aldokter dan Hellosehat mengenai Neurodermatitis. Defenisi: Neurodermatitis / Lichen Simpleks Kronik adalah penyakit kulit...

Populars

Cantengan

Gaya Hidup Sehat

Cantengan / Paronychia

By Maret 7, 2018
angioedema

Diet

Angioedema Herediter

By Desember 22, 2017
aneurisma-aorta-ilustrasi-2-foto-shutterstock

Gaya Hidup Sehat

Aneurisma Aorta Dada

By Desember 14, 2017

Tags

Categories

To Top