Connect with us

Abses Periapikal

BPJS Kesehatan

Abses Periapikal

abses-periafengal

Abses Periapikal adalah pengumpulan nanah yang telah menyebar dari sebuah gigi ke jaringan di sekitarnya, biasanya berasal dari suatu infeksi.

Penyebab Abses Periapikal : Tubuh menyerang infeksi dengan sejumlah besar sel darah putih; nanah adalah sekumpulan sel darah putih dan jaringan yang mati.

Penyebab Abses periapikal

Adanya infeksi pada jaringan pulpa.

Penjelasan yang sederhana adalah seperti ini;

Gigi berlubang. Ketika gigi berlubang, lapisan pertama yang terkikis adalah lapisan email, apabila tidak ditindak lanjuti, lubang tersebut akan mengenai lapisan dentin. Ketika lubang sudah sampai di lapisan dentin, pasien mulai mengeluh adanya sensasi ngilu ketika ada rangsangan (minum atau makan panas, dingin, pedas). Ini disebabkan karena di dalam dentin terdapat tubulus-tubulus dentin (bayangkan seperti tumpukan sedotan) yang berisi cairan. Cairan inilah yang menghubungkan dunia luar (dentin) dengan pulpa (yang berisi saraf gigi). Nahhhhh…adanya sensasi ngilu ini karena hal tersebut.  Cairan dalam tubulus dentin ini tersambung dengan saraf gigi, yang kemudian saraf tersebut menghantarkan rangsangan ke otak, lalu otak merespon dengan mengeluarkan rasa ngilu atau sakit.

Nah, sekarang, kenapa bisa timbul abses? Contoh kasusnya, lubang gigi sudah sampai pada lapisan dentin.

  1. Jika tidak ditambal, gigi berlubang tersebut dapat terselip makanan, kuman dalam plak akan terus menggerogoti lubang gigi tersebut, sampai akhirnya sampai ke jaringan pulpa. Karena terselip makanan, maka lubang akan tertutupi (entah dengan sisa makanan ataupun plak), tetapi berhubung lubang tersebut sudah sampai ke jaringan pulpa, pulpanya akan terinfeksi. Infeksi tersebut akan menjalar sampai ke gusi,sehingga daerah gusi dekat akar gigi akan menimbulkan nanah. Nahhhh…. Atasnya sudah tertutup, sedangkan dalamnya ada nanah, jadilah dia abses yang bentuknya seperti bisul di gusi.
  2. Tembusnya dentin ke jaringan pula terkadang tidak jelas terlihat dengan kasat mata, dan dokternya pun kurang jeli melihat kondisi ini, jadi si dokter main tambal saja giginya, padahal lubang sudah samai di dentin dan tembus ke jaringan pulpa!. Keadaan ini dapat juga menyebabkan abses.

Tanda- tanda abses periapikal

Terasa ngilu, sakit, kalau orang awam bilang ngebet, terlihat menggelembung, jika ditekan ada cairan dalam bisul tersebut (ditekan tidak keras), bisa menimbulkan demam.

Penanganan Abses periapikal

Draignase: membuka atap pulpanya sehingga gasnya bias keluar (ini tidak boleh ditutup ataupun ditambal, sampai absesnya kempes) hanya boleh diganjal dengan kapas. Bisa dibanu pemberian antibiotik.

Pada penanganan anak kecil yang bisa ditangani langsung adalah dengan membuang atap pulpa yang terinfeksi, kemudian diberi obat dan bisa langsung ditambal (walaupun masih gigi susu)

Nah Moms,  sekarang sudah tau kan, apabila anak kita mengeluh sakit, kita harus jeli memeriksa keadaan gigi dan mulutnya, apakah giginya berlubang, gusinya membengkak, atau jangan- jangan sudah timbul abses ini.

a444d37a06d1040d95dd1d1abdb45143_medicaboo-card

Medicaboo : Aplikasi kesehatan di Google Play untuk Android

Yuk, Download Aplikasi Medicaboo!

Untuk mengetahui informasi rumah sakit, layanan kesehatan, dan dokter di Pekanbaru dengan mudah dan cepat! Akses website direktori rumah sakit di http://www.medicaboo.com atau tinggal klik di sini. Download aplikasi kesehatan Medicaboo android di Google Playstore.

Tags : #Faktaunikmedicaboo #Faktakesehatan #Medicaboo #Kesehatan #Healthfacts #MakananPedas

Facebook Comments
Share & Follow

More in BPJS Kesehatan

Populars

Cantengan

Gaya Hidup Sehat

Cantengan / Paronychia

By Maret 7, 2018
angioedema

Diet

Angioedema Herediter

By Desember 22, 2017
aneurisma-aorta-ilustrasi-2-foto-shutterstock

Gaya Hidup Sehat

Aneurisma Aorta Dada

By Desember 14, 2017

Tags

Categories

To Top